JM Hot News - шаблон joomla Окна

Contact Us!




loading...

BERITA SEPUTAR PERADILAN AGAMA

KETUA KAMAR PERADILAN AGAMA : "KOMITMEN, KERJA KERAS, DAN KEKOMPAKAN"Bandung - Humas, Penerapan standar sistem manajemen mutu di pengadilan sejalan dengan reformasi birokrasi yang terus digalakkan oleh Mahkamah Agung dan empat lingkungan peradilan di bawahnya. Tujuan akhirnya tidak lain adalah untuk meningkatkan kinerja dan sekaligus meningkatkan kualitas pelayanan lembaga peradilan semakin meningkat.

"Sebagai langkah nyata untuk mewujudkan hal tersebut salah satunya adalah dengan sertifikasi ISO 9001: 2008. Dalam meraihnya diperlukan komitmen, kerja keras, dan kekompakan". Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Kamar Peradilan Agama, Prof.Dr.Abdul Manan, SH., S.IP., M.Hum dalam sambutan pembukanya di acara penyerahan sertifikat ISO 9001:2008 kepada 11 pengadilan yang dipusatkan di.Bandung pada Jumat,29 Januari 2016.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa komitmen adalah elemen dasar untuk meraih ISO 9001:2008. Didasari komitmen, segala rintangan yang ditemui dijadikan tantangan untuk ditaklulan. Komitmen juga dibutuhkan sebab ISO ini akan terus diaudit oleh Badan penyelenggara sertifikasi mutu. "Mempertahankan lebih sulit daripada meraihnya" tegasnya.lagi.

 

Kerja keras adalah bahan bakar dalam meraih tujuan yakni membangun badan peradilan yang agung. Kerja keras cerdas diharapkan mampu meningkatkan kepercayaan publik terhadap pengadilan sehingga proses berperkara di.pengadilan dapat terlaksana dengan efektif, efisien, dan ekonomis.

Comments

baca selanjutnya

 

Fajar Hernawan sedang menyampaikan pidato perkenalan

 

Mempawah | www.pa-mempawah.go.id

Ketua PA Mempawah, Wanjofrizal melantik Fajar Hernawan sebagai hakim PA Mempawah, Rabu (3/2/2016) pukul 10.00 WIB. Acara yang berlangsung di Ruang Sidang Utama itu dihadiri oleh seluruh hakim dan pegawai PA Mempawah serta Ketua PA Sambas dan rombongan.

Sebelum pelantikan dilakukan, terlebih dulu dibacakan SK Dirjen Badilag Nomor 3297/DjA/KP.04.6/SK/12/2015, tanggal 28 Desember 2015 tentang mutasi hakim yang pada intinya memindahkan dan menempatkan Fajar Hernawan dari jabatan hakim PA Sambas menjadi hakim PA Mempawah.

Ketua PA Mempawah kemudian membacakan kata-kata pelantikan sebagai berikut: “Dengan memanjatkan puji syukur ke hadirat Allah Yang Maha Kuasa atas rahmat dan taufiq-Nya, pada hari ini Rabu, tanggal 3 Februari 2016, saya Ketua PA Mempawah berdasarkan SK Dirjen Badilag Nomor 3297/DjA/KP.04.6/SK/12/2015 dengan resmi melantik Saudara Fajar Hernawan sebagai Hakim Pratama Muda pada PA Mempawah. Kami percaya bahwa Saudara akan melaksanakan tugas ini dengan sebaik-baiknya dan dengan tanggung jawab. Semoga Allah selalu menyertai Saudara”.

Pada acara perkenalan, Fajar menyampaikan bahwa ia berasal dari Kota Bogor Jawa Barat, sudah menikah dan mempunyai 3 anak. Ia mengaku sudah mengenal sebagian hakim dan pegawai PA Mempawah.

“Saya bersyukur dimutasi tidak jauh-jauh. Dari Sambas ke Mempawah. Sehingga saya tidak butuh waktu lama untuk mengenal warga PA di sini, karena sudah banyak yang kenal. Tinggal mendalami perkenalannya,” ujarnya.

Pria lulusan ISID Gontor Ponorogo itu tidak dapat menyembunyikan rasa senangnya bisa bergabung dengan PA Mempawah. “Semoga di sini saya mendapat wawasan baru. Karena jika mengikuti media, akan tampak bahwa PA Mempawah memang bagus. Untuk itu, sebagai orang baru saya mohon arahan dan bimbingan agar dapat mengikuti ritme kawan-kawan,” imbuhnya.

Sebelum mengakhiri pidatonya, Fajar mengucapkan terima kasih atas sambutan dari warga PA Mempawah. “Saat pertama kali saya datang di Mempawah hari Sabtu yang lalu, saya dan keluarga disambut dengan luar biasa. Bu Marhamah sampai membuatkan es teh untuk kami,” tutur Calon Peserta Diklat Riyadh (CPDR) itu.

Ketua PA Mempawah menyampaikan pidato selamat datang

 

Sementara itu, Ketua PA Mempawah menyampaikan terima kasih kepada Ketua PA Sambas atas kesediannya menghadiri pelantikan mantan hakimnya, yang merupakan role model PA Sambas Tahun 2015.

“Di luar tadi saya mendengar dari Pak Mursyid, bahwa PA Sambas kehilangan hakim yang paling cepat kerjanya, paling banyak kerjanya dan paling kuat kerjanya. Semoga kehadiran Pak Fajar di sini menambah wawasan dan dapat mewarnai,” kata Ketua PA Mempawah.

Lebih lanjut, Ketua PA Mempawah mengatakan bahwa mengenai pekerjaan, tidak ada yang beda antara PA Sambas dan Mempawah. Di sana sidang, di sini sidang. Di sana membuat putusan, di sini membuat putusan. Di sana ada sidang keliling, di sini juga ada.

Yang beda di tiap-tiap daerah, jelasnya, adalah karakter manusianya. “Tapi tak perlu dipersoalkan hal itu, terima saja sebagai takdir,” ungkapnya.

Bicara soal karakter, Ketua PA Mempawah mengakui bahwa dirinya suka mengkritik dan senang dikritik. “Kata orang, gaya saya suka menyakiti orang. Itu karakter saya sejak kecil memang begitu. Tapi tak ada maksud untuk menyakiti. Saya biasa menegor langsung, bicara blak-blakan. Maka, nanti silakan kritik kalau ada yang kurang pas di kantor ini. Dengan senang hati saya menerimanya. Bahkan saya tak akan tersinggung kalau ada kebijakan tanpa sepengetahuan saya, asal demi kebaikan PA Mempawah,” tandasnya mengakhiri pidato. (ahru)

Comments

 

SAMBAS – Jum’at (29/01) kemarin, merupakan hari terakhir Fajar Hernawan bertugas di PA Sambas. Satu seremonial yang dirangkai dalam acara pengantar alih tugas itu sebagai momen perpisahannya dengan segenap personil yang ada di PA Sambas. Dihadiri oleh seluruh pegawai PA Sambas dan perwakilan dari PN Sambas beserta anggota Dharmayukti Karini Cabang Sambas. Bertempat di ruang pertemuan PA Sambas, acara berlangsung khidmat dan lancar dan dipandu oleh MC Nazila.

 

Sosok hakim yang dikenal ramah ini telah bertugas di Pengadilan Agama Sambas sejak Januari 2012 lalu. “Tepat hari ini (red. Jum’at) saya bertugas di Sambas sudah 4 tahun 1 minggu dan 1 hari,” ungkapnya dalam pesan kesan yang disampaikan di depan seluruh hadirin. Pada waktu pertama ditempatkan di Sambas, Pak Fajar sapaan akrab beliau mengenang 2 orang teman seperjuangannya yang

Comments

baca selanjutnya

Jakarta l Badilag.net


Ketua Mahkamah Syar’iyah Aceh Drs. H. Jufri Ghalib, S.H., M.H. punya kebiasaan yang tidak biasa. Pimpinan pengadilan tingkat banding dari Serambi Mekkah itu terbiasa mempublikasikan Laporan Lembar Kerja (LLK) bulanannya di situs resmi MS Aceh.

Dari LLK bulanan itu dapat diketahui aktivitas apa saja yang dikerjakannya sepanjang jam kerja, mulai datang hingga pulang, selama sebulan penuh.

Dari LLK Desember 2015, misalnya, dapat diketahui berbagai macam aktivitasnya, mulai dari mempelajari berkas perkara, menyiapkan putusan, memimpin rapat, mendantangani surat masuk dan surat keluar, melakukan pembinaan ke satker di bawah, mengikuti pembinaan yang diberikan pimpinan Mahkamah Agung, memenuhi undangan kedinasan, hingga menjadi keynote speaker dalam suatu diskusi.

Kepada Badilag.net, Sabtu (23/1/2016), Jufri Ghalib mengatakan bahwa upaya mentransparansikan kinerja individu itu telah dilakukannya sejak tahun 2014. Itu dilakukannya setelah mengetahui bahwa salah satu kelengkapan menu atau konten website, berdasarkan Surat Edaran dari Dirjen Badilag, adalah jadwal kegiatan pimpinan. Mengacu kepada Keputusan Ketua MA 1-144/2011, jadwal kegiatan pimpinan pengadilan merupakan

baca selanjutnya

Sambas | 20/01/2015

Sebagai tindaklanjut dari kegiatan Rapat Koordinasi (RAKOR) PTA Pontianak dan PA Se Kalimantan Barat, yang dilaksanakan pada tanggal 14 Januari 2016 di Aula PTA Pontianak. Kegiatan tersebut melibatkan seluruh unsur pimpinan yang terdiri dari seluruh Ketua, Wakil Ketua, Panitera dan Sekretaris PTA Pontianak dan PA Se Kalbar. Dari PA Sambas ikut serta Ketua H. Helman, Wakil Ketua Sri Suwastini, Panitera Nisa Istantri, dan Sekretaris Muksin.

Pada kesempatan Rabu (20/01) sore sekitar pukul 14.00 WIB kemarin, hasil Rakor disampaikan dihadapan seluruh pegawai PA Sambas. Dipimpin langsung oleh Ketua, H. Helman dan dipandu oleh moderator yang juga Sekretaris, Muksin. Ada beberapa hal yang menjadi catatan dalam kesempatan tersebut, di antaranya adalah

Comments

baca selanjutnya

Google Maps Pengadilan Agama Sambas