» Berita » KPTA, Panitera dan Sekretaris PTA Pontianak Lakukan Pembinaan di PA Sambas
KPTA, Panitera dan Sekretaris PTA Pontianak Lakukan Pembinaan di PA Sambas

Gambar: KPTA Pontianak (paling kiri) dan Sekretaris PTA (kanan) ketika disambut di ruang Ketua PA Sambas

SAMBAS – Ketua Pengadilan Tinggi Agama Pontianak, Drs. H. Maslihan Saifurrozi, MH melakukan kunjungan ke Pengadilan Agama Sambas. KPTA dan tim tiba di Sambas pada Kamis malam sekira pukul 23.00 WIB dan langsung menuju hotel. Keesokan harinya Jum’at (02/08) pagi sekitar pukul 08.00 WIB, KPTA dan  rombongan langsung menuju kantor. Kedatangannya di Sambas didampingi Panitera dan Sekretaris PTA Pontianak, Rusli Salam dan Naffi. Kehadiran para petinggi pengadilan tingkat banding ini bukannya tanpa tujuan. Agenda utamanya adalah untuk memberikan pembinaan di PA Sambas. Selain melakukan pembinaan, kehadiran tim dari PTA ini untuk melihat perkembangan kegiatan rehab gedung kantor PA Sambas.

Gambar; Konsultan Hedid Febrial (keneja kotak-kotak) ketika memberikan penjelasan kepada KPTA Pontianak (baju batik tengah) dan Panitera (baju batik kiri) dan didampingi oleh Ketua PA Sambas

Sebelum melakukan pembinaan, KPTA dan tim ikut meninjau langsung lokasi kegiatan rehab yang berada tepat berdampingan dengan gedung Mess dan Arsip yang dijadikan kantor sementara PA Sambas saat ini.

Dari pantauan redaksi, terlihat konsultan pengawas yang juga konsultan perencanaan memberikan penjelasan kepada Tim dari PTA Pontianak tentang perkembangan dan rencana penataan ruang pelayanan (PTSP). Dari penjelasan tersebut, tim terlihat puas dengan apa yang telah dan akan dilaksanakan dalam kegiatan ini.

“Setelah melihat ini (kegiatan rehab, red) kami jadi tenang, karena kegiatan sudah berjalan”, ujar Naffi Sekretaris PTA Pontianak. Harapannya agar kegiatan ini dapat berjalan sesuai dengan yang direncanakan, dan tidak melewati batas waktu.

Ekspose Pembinaan

Usai meninjau lokasi rehab, KPTA dan rombongan memberikan pembinaan kepada seluruh aparatur PA Sambas. Acara pembinaan dimulai sekitar pukul 09.30 WIB. Diawali paparan dari Sekretaris PTA Pontianak, Naffi, S.Ag., MH.

Gambar: Acara pembinaan oleh KPTA, Panitera dan Sekretaris PTA Pontianak saat acara pembinaan

Naffi menyoroti tentang penilaian kinerja keseluruhan setiap Pengadilan Agama oleh Badilag. Data hasil penilaian yang telah diumumkan Badilag ditampilkan dia melalui infokus. Dia mengharapkan agar hasil dari penilaian tersebut, PA Sambas segera dapat memperbaiki apa-apa yang kurang. Naffi meminta agar nilai yang kurang itu segera dapat dicari akar persoalannya, kata dia.

Selain itu, kedepan Naffi meminta agar PA Sambas bisa menyediakan pojok e-court untuk memberikan informasi dan memfasilitasi pera pencari keadilan untuk mendaftar secara elektronik.

Sementara itu, Panitera PTA Pontianak, Rusli Salam dalam paparannya dia menyarankan agar dalam penerapan e-court kedepan dapat didukung dengan video yang menayangkan tentang informasi dan sosialisasi e-court, harapnya.

Paparan yang terakhir dari KPTA Pontianak, Maslihan Saifurrozi. Pertama, dia memaparkan mengenai hasil bedah berkas yang dilakukannya secara singkat beberapa menit menjelang acara pembinaan. Dari berkas tersebut dia mengatakan, minutasi berkas yang dipegangnya tersebut cukup baik, bukan “merah semangka”, artinya sesuai dengan kenyataannya. lengkap dan sudah minutasi, imbuhnya. Hanya saja pada beberapa bagian perlu dikoreksi lagi, kata dia.

Selanjutnya, secara panjang lebar dia memaparkan kepada seluruh hadirin terkait hukum acara, peraturan-peraturan yang harus diketahui terutama oleh para hakim. Dia berharap para hakim dapat memahami undang-undang–hukum tentang perkara yang ditanganinya. Jangan sampai tidak menguasai, ingat Maslihan. Oleh sebab itu, secara berulang-ulang pria yang bulan Oktober nanti akan purna bhakti itu mengajak seluruh aparatur terutama hakim PA Sambas untuk lebih memahami tentang hukum acara dan undang-undang.

Kegiatan pembinaan berakhir sekitar pukul 11.30 WIB karena akan melaksanakan sholat Jum’at. Acara dilanjutkan dengan foto bersama rombongan KPTA Pontianak dan seluruh pegawai PA Sambas. (zul)

 

 

 

 

 

Bagikan :
Terimakasih telah membaca Berita - KPTA, Panitera dan Sekretaris PTA Pontianak Lakukan Pembinaan di PA Sambas. Silahkan tinggalkan komentar, saran dan pesan Anda untuk kemajuan website Pengadilan Agama Sambas Kelas 1B. Terimakasih untuk dukungan dan partisipasi Anda.
Total Komentar    Belum Ada Komentar
  • Nama harus diisi, Email tidak akan disebarluaskan, Terimakasih.
  • Mohon untuk menggunakan ejaan yang benar / kata-kata yang mudah dimengerti

*