» Berita » Pelantikan 2 Hakim PA Sambas Sekaligus Dirangkai dengan Perpisahan Suraida, SHI
Pelantikan 2 Hakim PA Sambas Sekaligus Dirangkai dengan Perpisahan Suraida, SHI

Gambar: Ketua PA Sambas Drs. Ahmad Juaeni, MH (tengah) didampingi 2 hakim yang baru dilantik

SAMBAS – Ketua Pengadilan Agama Sambas Drs. Ahmad Juaeni, MH melantik 2 orang hakim Bustami, S.Ag., MM., MH dan Siti Marhamah, S.Ag, pada Senin (27/05) sekira pukul 15.30 WIB. Acara dilaksanakan di Ruang Sidang Utama PA Sambas, dihadiri oleh beberapa tamu undangan: Ketua, Wakil Ketua dan Hakim Pengadilan Negeri Sambas, Ketua PA Mempawah beserta rombongan dan seluruh pegawai PA Sambas.

Berdasarkan SK Ketua Mahkamah Agung Nomor 74/SK/KMA/IV/2019 bersamaan dengan promosi Ketua PA Sambas ke PA Ciamis Kelas IA dan seorang Hakim PA Sambas mutasi ke PA Mempawah Kelas IB. Jadi di PA Sambas personil yang keluar sebanyak 2 orang dan masuk pun 2 orang.

Gambar: Penandatanganan Pakta Integritas Hakim Siti Marhamah, S.Ag

Sebagaimana diketahui, sebelumnya Bustami adalah hakim pada PA Pangkal Pinang di Kepulauan Bangka Belitung yang sudah bertugas di sana kurang lebih 5 tahun. Pria kelahiran Teluk Pakedai (Kalbar) 26 Oktober 1969 ini merupakan hakim yang berasal dari Kota Pontianak yang sudah lama bertugas diluar wilayah Kalbar. Tak kurang 10 tahun ia telah ditugaskan jauh dari tanah kelahirannya. Sejak ia diangkat sebagai seorang hakim, dia mendapatkan tugas menjadi hakim di PA Kangean. Hampir 5 tahun berselang ia lalu ditugaskan ke PA Pangkal Pinang. Kini ayah dari 4 orang anak ini setidaknya sudah lebih dekat bersama keluarganya di Pontianak yang setiap akhir pekan bisa ia temui.

Sementara itu, Siti Marhamah sebelumnya adalah hakim pada Pengadilan Agama Mempawah Kelas IB. Dilihat dari riwayat pekerjaannya, Ibu dari 2 orang anak ini sebelumnya pernah bertugas di PA Palopo dan pada tahun 2014 dirinya mutasi ke PA Mempawah. Saat itu rekan seperjuangannya di PA Palopo yang juga sama-sama berasal dari Kalbar Suraida, SHI ditugaskan ke PA Sambas. Kini, keduanya seakan bertukar peran. Suraida hakim PA Sambas mutasi ke Mempawah sementara Siti Marhamah mutasi ke PA Sambas.

Perpisahan, Kesan dan Pesan Suraida, SHI

Mengawali karirnya sejak tahun 2014 di PA Sambas, Ibu Suraida adalah satu-satunya hakim perempuan yang ada di PA Sambas saat itu. Meskipun Sambas bukan tanah kelahirannya, Suraida merasa sangat betah berada di PA Sambas karena dirinya bisa berkumpul bersama keluarganya. Di samping sebagai hakim, ditengah kesibukannya dia juga telah mengabdikan keilmuannya di Fakultas Hukum dan Ekonomi Syariah IAIS Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas.

Baginya, Sambas sudah seperti tanah kelahirannya. Sehari-hari, disamping bersidang Ibu dari 2 orang anak ini mendedikasikan dirinya sebagai Ketua Koperasi Al-Fayadl PA Sambas. Dan disamping itu pula ia adalah pengurus tetap PTWP PA Sambas. Kala SK Mutasi dirinya diumumkan, PA Sambas merasa kehilangan akan sosok beliau yang ramah dan pantang menyerah itu.

Dihari yang sama dengan pelantikan 2 orang hakim baru, acara perpisahan dan pengantar tugas Ibu Suraida yang dirangkai dengan acara buka puasa bersama, Senin (27/05). Banyak kesan yang ditinggalkan beliau ketika bertugas di PA Sambas yang sulit untuk diungkapkan satu persatu.

Kini, “bunda” demikian sehari-hari ia dipanggil dikantor telah berpindah tugas, semoga di tempat yang baru semakin sukses dan semakin baik karirnya.

(zul)

 

Bagikan :
Terimakasih telah membaca Berita - Pelantikan 2 Hakim PA Sambas Sekaligus Dirangkai dengan Perpisahan Suraida, SHI. Silahkan tinggalkan komentar, saran dan pesan Anda untuk kemajuan website Pengadilan Agama Sambas Kelas 1B. Terimakasih untuk dukungan dan partisipasi Anda.
Total Komentar    Belum Ada Komentar
  • Nama harus diisi, Email tidak akan disebarluaskan, Terimakasih.
  • Mohon untuk menggunakan ejaan yang benar / kata-kata yang mudah dimengerti

*