» Berita » 53 Perkara Isbat Nikah Berhasil di Sidangkan di Kecamatan Paloh
53 Perkara Isbat Nikah Berhasil di Sidangkan di Kecamatan Paloh

Acara Pembukaan Sidang Isbat Terpadu di Kecamatan Paloh

PALOH – Yang ketiga kalinya, kegiatan Sidang Isbat Terpadu Tahun 2019 kali ini dilaksanakan di Kecamatan Paloh, hari Selasa (12/11) kemarin. Bertempat di Kantor KUA Paloh, sebanyak 53 pasang peserta disidang pada hari itu. Hakim yang menyidangkan terdiri dari 5 Hakim tunggal yang di dampingi masing-masing Panitera Pengganti. Mewakili Kementerian Agama Kab. Sambas (Kemenag) Kabag Tata Usaha, Hamzah, S.Pd.I. Disamping itu para Kepala KUA juga hadir, yaitu Kepala KUA Kecamatan Paloh, Kecamatan Tangaran, dan Kecamatan Galing.

Ketua Pengadilan Agama Sambas  Drs. Ahmad Juaeni, MH didampingi Sekretarisnya H. Idon, SHI hadir untuk memastikan kegiatan itu berjalan dengan baik dan lancar. Ketika menyampaikan sambutan, Ketua menyampaikan ucapan terima kasih kepada KUA Paloh dan Camat Paloh yang telah menyiapkan sarana dan prasarana sehingga kegiatan ini dapat berjalan lancar dan tertib. Ucapan terima kasih juga beliau sampaikan kepada Tim dari PA Sambas yang telah bekerja tak kenal waktu untuk suksesnya kegiatan ini, sebut Juaeni.

Dra. Hj. Wahidah, M.Si Kadisdukcapil Kab. Sambas saat membuka acara Sidang Isbat Terpadu

Sedianya Bupati dijadwalkan akan membuka kegiatan ini, karena satu dan lain hal Bupati berhalangan hadir. Acara seremonial pembukaan sidang isbat terpadu dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Dukcapil Kab. Sambas Dra. Hj. Wahidah, M.Si. Dalam kesempatan itu dia menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya atas upaya yang dilakukan PA Sambas untuk kegiatan ini, katanya. “Kami mewakili Pemerintah Kabupaten Sambas menyampaikan apresiasi dan terima kasih setinggi-tingginya kepada PA Sambas karena telah mengupayakan untuk menyelesaikan salah satu persoalan masyarakat Kab. Sambas, yaitu pernikahan tidak tercatat”. Harapannya di tahun depan akan ada kegiatan serupa yang akan diakomodir oleh Pemkab Sambas. Untuk itu bagi masyarakat yang memiliki masalah yang sama, yaitu pernikahannya tidak tercatat agar segera mendaftarkan diri ke KUA setempat. Selanjutnya data tersebut nanti dapat disampaikan ke Bupati, supaya menjadi perhatian dan mendapatkan anggaran diadakannya kegiatan sidang isbat seperti ini, ucap Wahidah.

Kegiatan persidangan berjalan tertib dan lancar. Para pihak yang bersidang dipanggil satu persatu berdasarkan nomor urut antrian sidang. Dengan menghadirkan 2 orang saksinya, pihak yang bersidang ditanya secara detil oleh hakim yang menyidangkan untuk memastikan keabsahan pernikahannya dahulu.

Gambar: Penyerahan salah satu produk sidang isbat terpadu berupa salinan penetapan pengadilan kepada para pihak

Satu persatu hakim menyelesaikan penetapannya, dan diberikan pada saat itu juga kepada para pihak. Penyerahan salinan penetapan dilakukan dengan seremoni penyerahan produk pengadilan dari Ketua PA Sambas kepada Kadisdukcapil, Kepala Kemenag, Kepala KUA setempat.

(zul)

 

 

Bagikan :
Terimakasih telah membaca Berita - 53 Perkara Isbat Nikah Berhasil di Sidangkan di Kecamatan Paloh. Silahkan tinggalkan komentar, saran dan pesan Anda untuk kemajuan website Pengadilan Agama Sambas Kelas 1B. Terimakasih untuk dukungan dan partisipasi Anda.
Total Komentar    Belum Ada Komentar
  • Nama harus diisi, Email tidak akan disebarluaskan, Terimakasih.
  • Mohon untuk menggunakan ejaan yang benar / kata-kata yang mudah dimengerti

*