» Berita » Bupati Sambas Buka Sidang Isbat Nikah Terpadu di Kecamatan Jawai
Bupati Sambas Buka Sidang Isbat Nikah Terpadu di Kecamatan Jawai

Bupati Sambas dan rombongan menyapa para peserta Sidang Isbat Terpadu didampingi Ketua PA Sambas

JAWAI – Sidang Isbat Nikah Terpadu Zona II Gelombang I berhasil menyidangkan 50 perkara isbat nikah, Selasa (05/11). Kegiatan persidangan dilaksanakan di Gedung Serba Guna Kecamatan Jawai, dibuka langsung oleh Bupati Sambas, H. Atbah Romin Suhaili, Lc., MH. Didampingi Kadisduk Capil, Dra. Hj. Wahidah, M.Si, Bupati dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya Pemkab Sambas untuk memberikan solusi atas persoalan terkait dokumen kependudukan masyarakat Kabupaten Sambas. “Ini merupakan upaya kita untuk memberikan solusi kepada masyarakat Kabupaten Sambas”, ujar Bupati. Karena dari sini, tambah dia, Bapak Ibu akan mendapatkan penetapan pengadilan atas status pernikahan. Lalu akan terbit buku nikah oleh KUA, kemudian dokumen seperti KK dan Akta Kelahiran anak akan diperbarui oleh Disdukcapil. Kedepan kerjasama lintas instansi antara Pengadilan Agama Sambas, Kementerian Agama Kabupaten Sambas dan Pemerintah Kabupaten Sambas (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. Sambas) diupayakan agar tetap berlanjut, pinta Atbah.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Pengadilan Agama Sambas Drs. Ahmad Juaeni, MH memberikan pengantar dan sambutan. Di depan seluruh peserta sidang dan para undangan, Juaeni menyampaikan bahwa dalam kegiatan ini PA Sambas ingin membantu masyarakat untuk mendapatkan solusi atas masalah dokumen pernikahan dan dokumen kependudukan. Untuk itu, pinta dia, pada tahun mendatang adanya sinergisitas antara tiga instansi ini sangat diperlukan, ucap dia. Sehingga kedepan akan lebih banyak lagi masyarakat Kabupaten Sambas yang terbantu dari kegiatan seperti ini, tambah Juaeni.

Di akhir sambutannya, Juaeni menggaris bawahi bahwa kegiatan seperti ini adalah bentuk pelayanan kami kepada masyarakat yang sesungguhnya. “Inilah pelayanan kami kepada masyarakat yang sesungguhnya”. ucap dia. Sebelum menutup sambutannya, dirinya berpesan kepada warga dan tokoh masyarakat yang hadir supaya dapat menghimbau warganya mulai sekarang jangan ada lagi pernikahan yang tidak tercatat, dan jangan ada lagi pernikahan di bawah umur. Karena dikemduian hari, hal tersebut tentu akan menimbulkan masalah-masalah lain, tutup dia.

Persidangan 

Sementara itu, dari pantauan redaksi suasana di tempat kegiatan telah dipenuhi oleh para pihak yang bersidang maupun pihak saksi. Satu persatu Hakim memanggil pasangan isbat nikah berikut saksi-saksinya. Ada 5 hakim tunggal yang bersidang sat itu, didampingi oleh Panitera Penggantinya masing-masing. Tiap hakim menyidangkan 10 perkara. Para peserta sidang adalah warga dari beberapa desa di Kecamatan Jawai.

Di sudut yang berbeda, terlihat beberapa pegawai KUA Jawai yang membantu mengatur tertib dan lancarnya kegiatan persidangan. Dan disisi lainnya, beberapa pegawai kantor Kecamatan Jawai yang sejak awal menyiapkan segala keperluan yang dibutuhkan, termasuk konsumsi semua yang hadir pada saat itu.

Penyerahan Penetapan Pengadilan

Penyerahan secara simbolis Salinan Penetapan Pengadilan oleh Bupati Sambas kepada peserta Sidang Isbat Nikah Terpadu

Dari jalannya sidang, dalam waktu tidak terlalu lama, beberapa penetapan telah dapat diselesaikan saat itu juga oleh Hakim. Ketua Pengadilan Agama Sambas meminta Bupati Sambas menyerahkan secara simbolis produk pengadilan yaitu Salinan Penetapan kepada 5 pasang dari peserta sidang isbat. Kelima nama peserta berikut pasangannya dipanggil ke depan. Bupati menyerahkan langsung Salinan Penetapan dan memberikan selamat kepada peserta. Kepada peserta beliau berpesan bahwa setelah adanya Penetapan Pengadilan, maka akan terbit buku nikah lalu Kartu Keluarga akan diperbarui dengan status yang baru, berikut Akta Kelahiran anak-anaknya.

Menjelang siang, sekitar pukul 11.30 WIB, satu persatu hakim sudah menyelesaikan sidangnya. Beberapa peserta yang telah mendapatkan produk dari kegiatan Sidang Isbat Terpadu telah beranjak pulang.

(zul)

 

 

Bagikan :
Terimakasih telah membaca Berita - Bupati Sambas Buka Sidang Isbat Nikah Terpadu di Kecamatan Jawai. Silahkan tinggalkan komentar, saran dan pesan Anda untuk kemajuan website Pengadilan Agama Sambas Kelas 1B. Terimakasih untuk dukungan dan partisipasi Anda.
Total Komentar    Belum Ada Komentar
  • Nama harus diisi, Email tidak akan disebarluaskan, Terimakasih.
  • Mohon untuk menggunakan ejaan yang benar / kata-kata yang mudah dimengerti

*