» Berita » Isbat Nikah Terpadu ke 4, Bupati Sambas Buka Secara Simbolis Pelaksanaan Isbat Terpadu untuk 5 Kecamatan
Isbat Nikah Terpadu ke 4, Bupati Sambas Buka Secara Simbolis Pelaksanaan Isbat Terpadu untuk 5 Kecamatan

SAMBAS – Pelaksanaan sidang isbat terpadu untuk keempat kalinya tahun 2021 yang digagas oleh Pengadilan Agama Sambas diadakan di Kecamatan Jawai, Senin (26/07) kemarin. Kegiatan itu merupakan kerjasama lintas instansi antara Pengadilan Agama Sambas, Pemkab Sambas melalui Disdukcapil Kab. Sambas dan Kementerian Agama Kab. Sambas.

Kegiatan persidangan dilaksanakan mulai pukul 08.00 WIB yang bertempat di Kantor KUA Jawai. Sementara pihak menunggu antrian sidang secara terpisah ditempatkan di Masjid As-Salam yang berseberangan letaknya dengan gedung KUA. Untuk memecah konsentrasi berkumpulnya orang ramai, maka hanya pihak yang akan bersidang yang dipersilahkan untuk menunggu di KUA. Kegiatan persidangan tersebut terlaksana setelah memperoleh izin dari Ketua Satgas Covid Kabupaten Sambas.

Seremonial Pembukaan Sidang Isbat Terpadu

Ketua PA Sambas saat duduk bersama Bupati Sambas, Kemenag, Kadisdukcapil serta jajaran Forkopimcam

Sekitar pukul 10.00 WIB dilaksanakan acara seremonial Pembukaan secara Simbolis Sidang Isbat Terpadu untuk 5 Kecamatan bertempat di Aula Kecamatan Jawai.

Hadir pada acara itu Bupati Sambas H. Satono, SHI, MH, Kemenag Kab. Sambas H. Karlan, Kepala Disdukcapil Hj. Wahidah, M.Si, Ketua MABM Kab. Sambas Misni Safari, para Camat dari Kecamatan Teluk Keramat, Sejangkung, Tebas, Subah dan Jawai, Forkopimcam Kec. Jawai serta Kepala Desa Se Kecamatan Jawai.

Ketua PA Sambas M. Toyeb, S.Ag, MH ketika memberikan kata sambutan mengatakan, PA Sambas siap bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Sambas, KUA dan Pihak Kecamatan bahkan sampai ke tingkat desa untuk penyelesaian terkait masalah dokumen kependudukan di Kabupaten Sambas. Karena, tambah Toyeb, proses awal untuk penyelesaian kasus dokumen kependudukan ini berawal dari Pengadilan Agama, imbuhnya.

Selanjutnya, Bupati Sambas dalam sambutannya memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas inovasi dan gagasan PA Sambas. Hal itu beliau sampaikan saat acara pembukaan secara simbolis Pelaksanaan Sidang Isbat Terpadu di 5 Kecamatan Tahun 2021 di Aula Kantor Camat Jawai.¬† “Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Sambas memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada PA Sambas atas inovasi gagasan untuk sidang isbat terpadu ini”, ucap Satono.

Bupati yang dilantik pada 14 Juni 2021 lalu itu berkomitmen untuk memberikan dukungan penuh kepada stakeholder untuk penyelesaian masalah dokumen kependudukan masyarakat Kabupaten Sambas hingga tidak ditemukan lagi masyarakat yang tidak memiliki dokumen, ujarnya.  Dia meminta semua unsur mulai dari Camat hingga ke tingkat desa dan KUA setempat dapat saling bersinergi untuk tertib administrasi kependudukan masyarakatnya.


Bupati Sambas secara simbolis ketika menyerahkan produk isbat terpadu kepada pihak

Pada acara itu juga dilakukan penyerahan produk secara simbolis berupa produk pengadilan yang sudah ditindakjuti pihak KUA setempat sehingga terbitlah buku nikah. Lalu dari Disdukcapil menerbitkan Kartu Keluarga yang baru dan Akta Kelahiran.

Dalam pelaksanaan sidang isbat nikah terpadu kali ini berhasil menyidangkan sebanyak 50 perkara. Semua pihaknya adalah masyarakat yang berasal dari kecamatan Jawai. Terkait catatan hasil persidangan ini, tim redaksi belum berhasil memperoleh data berapa perkara yang dikabulkan dan seterusnya. (zul)

 

Terimakasih telah membaca Berita - Isbat Nikah Terpadu ke 4, Bupati Sambas Buka Secara Simbolis Pelaksanaan Isbat Terpadu untuk 5 Kecamatan. Silahkan tinggalkan komentar, saran dan pesan Anda untuk kemajuan website Pengadilan Agama Sambas Kelas 1B. Terimakasih untuk dukungan dan partisipasi Anda.
Total Komentar    Belum Ada Komentar

Notice: Undefined variable: user_ID in /home/pasamu7l/public_html/wp-content/themes/pasambas/comments.php on line 54
  • Nama harus diisi, Email tidak akan disebarluaskan, Terimakasih.
  • Mohon untuk menggunakan ejaan yang benar / kata-kata yang mudah dimengerti

*