» Berita » Ketua PA Sambas Ikuti Pembinaan Secara Virtual oleh KPTA Pontianak
Ketua PA Sambas Ikuti Pembinaan Secara Virtual oleh KPTA Pontianak

SAMBAS | pa-sambas.go.id

Ketua Pengadilan Agama Sambas Uray Gapima Aprianto, MH beserta Hakim, Panitera dan Sekretaris serta beberapa pejabat lainnya mengikuti pembinaan oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Pontianak, Jum’at (08/05). Kegiatan pembinaan tersebut dilaksanakan pada pagi hari sekira pukul 09.00 WIB bertempat di Ruang Command Centre Pengadilan Agama Sambas. Dalam pembinaan itu, seluruh satker yang terdiri dari 11 satuan kerja di wilayah PTA Pontianak ikut hadir.

KPTA Pontianak Dr. Drs. H. Firdaus M. Arwan didampingi Wakilnya Drs. Muhammad Saleh, M.Hum beserta Panitera dan Sekretaris PTA Pontianak dalam pembinaan kali ini membahas materi mengenai Kebijakan dan Manajemen Peradilan. Melalui aplikasi zoom meeting, seluruh satker dibawah wilayah hukum PTA Pontianak dapat bertemu dan berdialog langsung dengan KPTA Pontianak.

Poin penting yang dapat digaris bawahi dari hasil pembinaan ini oleh KPTA Pontianak, diantaranya:
Pertama, Pimpinan dalam setiap mengambil kebijakan harus berdasarkan musyawarah dengan pejabat terkait, sedangkan kebijakan yang diambil harus mengacu kepada ketentuan yang berlaku dan terhadap kebijakan yang sifatnya rigid, pimpinan tidak boleh menyimpanginya atas alasan kemaslahatan.

Kedua, Kemaslahatan dapat diambil sepanjang bukan terkait dengan ketentuan yg bersifat rigid, setiap Pejabat terutama 4 pilar dan lebih khusus lagi pimpinan harus memperhatikan etika birokrasi dengan mempertimbangkan norma-norma sosial. Meskipun aturan membolehkan tetapi jika menurut norma sosial (agama, kesusilaan, kesopanan dan ketertiban) tidah pantas dilakukan, maka hal ini harus dihindarkan.

Kedepan akan ada agenda serupa yang membahas materi berbeda yang akan dilakukan secara virtual sebagai salah satu upaya untuk memberikan pembinaan. Berikut ini rencana jadwal yang telah dibuat PTA Pontianak:

  1. Jum’at, 08 Mei 2020 (Kebijakan dan Manajemen Peradilan)
  2. Jum’at, 15 Mei 2020 (Administrasi Persidangan dan Pemberkasan)
  3. Rabu, 20 Mei 2020 (Zona Integritas dan PTSP)
  4. Selasa, 26 Mei 2020 (Kesekretariatan meliputi K3 dan Dekorum Sidang)
  5. Kamis, 4 Juni 2020 (SIPP dan e-court)
  6. Kamis, 11 Juni 2020 (Hukum Acara)
  7. Kamis, 18 Juni 2020 (Hukum Acara dan Administrasi Kepaniteraan)
  8. Kamis, 25 Juni 2020 (Zona Integritas dan SIPP)

(zul)

Bagikan :
Terimakasih telah membaca Berita - Ketua PA Sambas Ikuti Pembinaan Secara Virtual oleh KPTA Pontianak. Silahkan tinggalkan komentar, saran dan pesan Anda untuk kemajuan website Pengadilan Agama Sambas Kelas 1B. Terimakasih untuk dukungan dan partisipasi Anda.
Total Komentar    Belum Ada Komentar
  • Nama harus diisi, Email tidak akan disebarluaskan, Terimakasih.
  • Mohon untuk menggunakan ejaan yang benar / kata-kata yang mudah dimengerti

*