» Berita » Ketua PA Sambas Jadi Narasumber LUHKUMDU Tahun 2019
Ketua PA Sambas Jadi Narasumber LUHKUMDU Tahun 2019

Ketua PA Sambas Ahmad Juaeni (baju hitam) ketika menyampaikan materi

SALATIGA – Ketua Pengadilan Agama Sambas, Drs. Ahmad Juaeni, MH menjadi narasumber dalam kegiatan Penyuluhan Hukum Terpadu Tahun 2019 di Desa Parit Baru Kec. Salatiga, Rabu (06/11). Kegiatan yang dimotori oleh Bidang Hukum Setda Kabupaten Sambas. Juaeni memberikan materi terkait dengan kedudukan, tugas dan fungsi Pengadilan Agama. Penyampaian materi dengan cara Panel dengan narasumber Cabang Kejaksaan Negeri Pemangkat, Polres Sambas dan Kementerian Agama Kab. Sambas. Hadir dalam acara itu FORKOPIMCAM Salatiga, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan unsur Desa se Kecamatan Salatiga.

Peserta yang hadir dalam Penyuluhan Hukum Terpadu Tahun 2019 di Desa Parit Baru Kec. Salatiga

Dalam pemaparannya, Ketua menyoroti tentang akibat dan resiko hukum dari pernikahan di bawah tangan/pernikahan tidak tercatat dan pernikahan di bawah umur. Dirinya berharap masyarakat sekarang lebih sadar akan akibat hukum dari penyimpangan hukum tersebut, tentunya akan sangat menyulitkan, katanya. Ke depan, tambah Juaeni, bisa saja Mahkamah Agung tidak akan memberikan izin untuk perkara isbat nikah, dikarenakan pemerintah telah memberikan regulasi yang mewajibkan pernikahan harus tercatat di KUA, tegasnya.

Untuk itu, pria kelahiran Bandung ini meminta para tokoh masyarakat, tokoh agama dan perangkat desa yang ada di Kecamatan Salatiga lebih gencar dan pro aktif mensosialisasikan hal ini, pintanya.

(zul)

 

Bagikan :
Berita Selanjutnya 
Terimakasih telah membaca Berita - Ketua PA Sambas Jadi Narasumber LUHKUMDU Tahun 2019. Silahkan tinggalkan komentar, saran dan pesan Anda untuk kemajuan website Pengadilan Agama Sambas Kelas 1B. Terimakasih untuk dukungan dan partisipasi Anda.
Total Komentar    Belum Ada Komentar
  • Nama harus diisi, Email tidak akan disebarluaskan, Terimakasih.
  • Mohon untuk menggunakan ejaan yang benar / kata-kata yang mudah dimengerti

*