» Berita » Monev Tahun 2019, Komisi Informasi Kalbar Lakukan Visitasi di PA Sambas
Monev Tahun 2019, Komisi Informasi Kalbar Lakukan Visitasi di PA Sambas

 

Ketua PA Sambas, Drs. Ahmad Juaeni, MH ketika menyampaikan presentasi Keterbukaan Informasi Publik di PA Sambas

SAMBAS – Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Badan Publik tahun 2019, Komisi Informasi Provinsi Kalimantan Barat lakukan visitasi di Pengadilan Agama Sambas, Kamis (31/10). Visitasi itu dilaksanakan sebagai bentuk pembuktian lapangan oleh Komisi Informasi atas upaya keterbukaan informasi di Pengadilan Agama Sambas.

Tim Visitasi tiba di PA Sambas sekitar pukul 08.20 WIB. Disambut oleh Ketua, Panitera dan Sekretaris Pengadilan Agama Sambas. Mereka yang hadir terdiri dari Komisioner dan staf komisi informasi, akademisi dan media berjumlah 6 orang.

Presentasi mewakili tim PPID PA Sambas disampaikan oleh Ketua PA Sambas, Drs. Ahmad Juaeni, MH. Dalam pemaparannya yang cukup jelas dan lengkap itu, dirinya menjelaskan secara sepintas namun terinci terkait apa yang telah dilakukan PA Sambas dalam upaya keterbukaan informasi publik. Selain itu, Juaeni juga menyebutkan meskipun kondisi kantor yang ditempati saat ini kurang representatif, karena adanya kegiatan rehab gedung kantor. Namun PA Sambas tetap mengupayakan pelayanan semaksimal mungkin kepada masyarakat, sebut dia. Tayangan slide materi yang ditampilkan dan penekanan yang disampaikan dia cukup lengkap.

Mewakili tim yang bertugas, Angga Ramadhan, Wakil Ketua Komisi Informasi Prov. Kalbar memberikan pengantar dan perkenalan. Dalam kesempatan yang singkat itu dirinya menyampaikan maksud dan tujuan visitasi yang mereka lakukan. “Kegiatan visitasi ini adalah untuk memenuhi bobot angka 30% penilaian yang telah dilakukan tim penilai”, ujar dia.

Seterusnya, ada tanya jawab dari tim penilai kepada Tim PPID untuk pendalaman objek penilaian. Dan oleh tim PPID memberikan penjelasan sekaligus menunjukan objek yang dinilai, seperti website PA Sambas, portal PPID PA Sambas, SOP dan lain-lain.

Mengingat waktu yang tersedia sangat singkat, dan karena ruang sidang yang dijadikan ruang pertemuan tersebut itu akan digunakan untuk persidangan, sehingga kurang lebih pukul 09.15 kegiatan pun berakhir. Dilanjutkan dengan foto bersama Tim PPID PA Sambas dan Tim Visitasi Komisi Informasi Kalbar.

Foto bersama Tim Komisi Informasi Kalbar dengan Tim PPID PA Sambas

Ketua PA Sambas ketika diminta menyampaikan Komitmen Keterbukaan Informasi yang direkam video oleh Tim KI Kalbar

 

Sementara itu, Ketua PA Sambas mengajak tim untuk melihat-lihat tata ruang yang baru saja dilakukan rehab. Disana Juaeni menjelaskan, betapa pelayanan kepada masyarakat merupakan hal yang utama bagi lembaga yang dipimpinnya.

(zul)

Bagikan :
Terimakasih telah membaca Berita - Monev Tahun 2019, Komisi Informasi Kalbar Lakukan Visitasi di PA Sambas. Silahkan tinggalkan komentar, saran dan pesan Anda untuk kemajuan website Pengadilan Agama Sambas Kelas 1B. Terimakasih untuk dukungan dan partisipasi Anda.
Total Komentar    Belum Ada Komentar
  • Nama harus diisi, Email tidak akan disebarluaskan, Terimakasih.
  • Mohon untuk menggunakan ejaan yang benar / kata-kata yang mudah dimengerti

*