» Berita » Monev Pelaksanaan Posbakum, Ketua PA Sambas dan Rektor IAIS Duduk Satu Meja
Monev Pelaksanaan Posbakum, Ketua PA Sambas dan Rektor IAIS Duduk Satu Meja

SAMBAS – Pengadilan Agama Sambas Kelas I B, M. Toyeb, S.Ag, MH adakan pertemuan dengan pihak penyedia jasa layanan pos bantuan hukum (Posbakum) tahun anggaran 2021, Rabu (13/10). Pertemuan dilaksanakan dii ruang Media Center PA Sambas. Dari pihak PA Sambas hadir pula Wakil Ketua, Bahrul Maji, SHI, Panitera Renny Susanti, S.Ag, dan Sekretaris, Abdul Ghoni, S.Ag, SHI dan Kasubag PTIP, Zulfian, SEI.

Dari pihak penyedia Posbakum selain dihadiri oleh Ketua LKBH Sambas H. Tamrin Muchsin, S.IP, MH, Sekretaris LKBH Sri Sudono Saliro, SH, MH kegiatan itu juga turut dihadiri oleh Rektor IAIS Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas Dr. H. Jamiat Akadol, M.Si, MH. Mendampingi orang nomor satu di Perguruan Tinggi Islam satu-satunya di Sambas tersebut, turut hadir Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama, Dr. Alkadri, M.Ag, Dekan Fakultas Syariah Dr. Zarul Arifin, MSI, Kepala Biro Administrasi Umum, dan Kemahasiswaan, Iwan Kusnadi, SE, ME. dan Ustz. Hatoli yang juga dosen di IAIS.

Evaluasi pelaksanaan penyedia layanan pos bantuan hukum (Posbakum) TA. 2021, antara lain terkait perlunya ditingkatkan lagi keterampilan pelaksana Posbakum dalam hal pembuatan surat gugatan/permohonan. Hal itupun, ujar Toyeb, sudah dilakukan DDTK bagi pelaksana untuk menyelaraskan lagi teknis pembuatan dokumen gugatan/permohonan.


Ketua LKBH Sambas, H. Tamrin Muchsin ketika menyampaikan

Selain monev, pertemuan tersebut juga banyak membahas tentang peluang kerjasama antara dua lembaga yaitu PA Sambas dan IAIS. Ketua PA Sambas terkait maraknya pernikahan di bawah umur di Sambas mendorong pihak IAIS sebagai salah satu lembaga akademis di Sambas, dapat memberikan pertimbangan akademik untuk terwujudnya Peraturan Bupati tentang pernikahan di bawah umur. Karena akhir-akhir ini hal tersebut menjadi fenomena yang cukup menghkawatirkan, dan PA Sambas sebagai lembaga yang memberikan persetujuan (Penetapan Pengadilan) untuk disetujui atau tidaknya pernikahan tersebut dilaksanakan secara resmi.

Hal lainnya disampaikan dia yaitu di antaranya adanya peluang bagi pihak IAIS untuk berperan sebagai mediator di Pengadilan Agama. Karena, urai Toyeb, kalau di Jawa hakim hanya sidang saja, sementara mediator dari pihak luar pengadilan, tukasnya.


Rektor IAIS menyerahkan kenang-kenangan kepada Ketua PA Sambas

Dalam kesempatan itu juga Rektor memberikan kenang-kenangan berupa buku buah karyanya sendiri yang berjudul “Budaya Hukum Birokrasi Pelayanan Publik”

Menanggapi apa yang disampaikan Ketua PA Sambas, Rektor IAIS mengaku siap untuk menindaklanjuti kerjasama tersebut, dan dirinya mengucapkan terima kasih atas perhatian dan masukan yang diberikan ke pihaknya. Pihaknya akan berupaya untuk bersinergi bersama dalam upaya meningkatkan kerjasama tersebut. (zul)

Terimakasih telah membaca Berita - Monev Pelaksanaan Posbakum, Ketua PA Sambas dan Rektor IAIS Duduk Satu Meja. Silahkan tinggalkan komentar, saran dan pesan Anda untuk kemajuan website Pengadilan Agama Sambas Kelas 1B. Terimakasih untuk dukungan dan partisipasi Anda.
Total Komentar    Belum Ada Komentar

Notice: Undefined variable: user_ID in /home/pasamu7l/public_html/wp-content/themes/pasambas/comments.php on line 54
  • Nama harus diisi, Email tidak akan disebarluaskan, Terimakasih.
  • Mohon untuk menggunakan ejaan yang benar / kata-kata yang mudah dimengerti

*