» Berita » Bersama Pemkab Sambas, PA Sambas Hadiri Rangkaian Acara Peringatan HUT RI ke-75
Bersama Pemkab Sambas, PA Sambas Hadiri Rangkaian Acara Peringatan HUT RI ke-75

SAMBAS – Pengadilan Agama Sambas sebagai salah satu unsur pimpinan daerah yang disingkat Forkopimda selalu terlibat dalam kegiatan yang dilakukan oleh Pemkab Sambas. Tak terkecuali kegiatan peringatan HUT RI ke-75 ini. PA Sambas juga terlibat untuk hadir dan mengikuti rangkaian acara tersebut. Namun karena Ketua dan Wakil Ketua PA Sambas saat ini masih kosong, kegiatan tersebut diwakili oleh salah seorang Hakim PA Sambas yaitu Ali Akbarul Falah.

Mulai dari kegiatan malam renungan suci di Taman Makam Pahlawan Kabupaten Sambas di Sui Rambah Kecamatan Sambas yang dilaksanakan mulai pukul 23.00 WIB tepat pada malam kemerdekaan. Upacara renungan suci dipimpin oleh Kapolres Sambas AKBP. Robertus B. Herry AP, S.IK Msi.

Pada pagi harinya dilanjutkan dengan kegiatan upacara pemberian remisi di lembaga pemasyarakatan kelas II B Sambas. Bupati Sambas menjadi pembina upacara membacakan sambutan Menteri Hukum dan HAM RI dan menyerahkan secara simbolis remisi dari negara untuk para warga binaan pemasyarakatan.

Lalu dilanjutkan dengan upacara detik-detik proklamasi 75 tahun Kemerdekaan RI. Peringatan detik-detik 75 tahun kemerdekaan RI kali ini, tetap digelar dihalaman kantor bupati sambas mulai jam 08.30 wib. Upacara hanya menggelar pengibaran bendera oleh 4 orang anggota paskibra didampingi 4 satuan TNI Polri penjaga Sang Merah Putih secara sederhana. Tidak ada formasi yang dibentuk pasukan pengibar bendera. Tidak ada pembacaan naskah pidato proklamasi. Peserta upacara pun terbatas, terdiri pasukan TNI Polri, satuan polisi pamong praja dan perwakilan ASN, tidak ada barisan pelajar.

Puncak peringatan detik-detik proklamasi RI, dilaksanakan secara virtual bersama Presiden dan Wakil Presiden. Bupati Sambas, Wakil Bupati Sambas, Sekda, Pejabat Eselon II dan Forkopimda bersama-sama mengikuti upacara virtual di Aula Utama Kantor Bupati Sambas. Setingan Virtual ditangani langsung Dinas Kominfo Sambas.
Dilanjutkan acara ziarah nasional yang digelar di Taman Makam Pahlawan Kabupaten Sambas. Selaku Inspektur Upacara Ziarah Nasional, Dandim 1208 Sambas, Letnan Kolonel (Inf) Setyo B. Bupati dan rombongan, usai ziarah nasional, melakukan tabur bunga dipusara makam pahlawan yang terdiri dari 6 pejuang dari warga dan 16 pejuang dari TNI.
Upacara Peringatan HUT RI di Kantor
Upacara peringatan HUT RI ke-75 juga dilaksanakan di Kantor Pengadilan Agama Sambas namun secara virtual. Seluruh aparatur PA Sambas tanpa terkecuali termasuk honorer juga hadir dan mengikuti upacara. Meskipun di dalam ruangan yang terbatas, dengan menghadap screen dari proyektor secara langsung dari gedung Mahkamah Agung RI di Jakarta, upacara tetap dapat diikuti secara khidmat. Karena berdasarkan instruksi dari Ketua Mahkamah Agung, bahwa kegiatan upacara ini tidak dilakukan sendiri-sendiri seperti mana tahun sebelumnya, namun cukup mengikuti secara virtual di Mahkamah Agung.
Memang pada peringatan HUT RI pada tahun ini dilakukan secara berbeda dari tahun sebelumya, karena adanya musibah pandemi covid-19 sehingga segala kegiatan disesuaikan sedemikian rupa sesuai dengan protokol kesehatan.
(Zul)

 

Terimakasih telah membaca Berita - Bersama Pemkab Sambas, PA Sambas Hadiri Rangkaian Acara Peringatan HUT RI ke-75. Silahkan tinggalkan komentar, saran dan pesan Anda untuk kemajuan website Pengadilan Agama Sambas Kelas 1B. Terimakasih untuk dukungan dan partisipasi Anda.
Total Komentar    Belum Ada Komentar

Notice: Undefined variable: user_ID in /home/pasamu7l/public_html/wp-content/themes/pasambas/comments.php on line 54
  • Nama harus diisi, Email tidak akan disebarluaskan, Terimakasih.
  • Mohon untuk menggunakan ejaan yang benar / kata-kata yang mudah dimengerti

*