» Berita » Penyuluhan Hukum di Desa Sabaran, Ketua PA Sambas Himbau Warga Agar Jangan Menikah Bawah Tangan
Penyuluhan Hukum di Desa Sabaran, Ketua PA Sambas Himbau Warga Agar Jangan Menikah Bawah Tangan

SAMBAS – Ketua Pengadilan Agama Sambas Kelas I B, M. Toyeb, S.Ag, MH menjadi narasumber pada kegiatan penyuluhan hukum di Desa Sabaran Kec. Jawai Selatan, Selasa (03/07). Bersama narasumber dari instansi terkait lainnya, Ketua menyampaikan materi terkait tugas dan fungsi PA Sambas.

Dalam kesempatan itu, Bapak dari tiga anak ini mamaparkan tentang statistik jumlah perkara PA Sambas hingga bulan Juli 2021. Dipaparkan dia bahwa perkara saat ini didominasi perkara Cerai Talak, Cerai Gugat, Itsbat Nikah dan Dispensasi Kawin. Tingginya jumlah perkara tersebut agar menjadi perhatian bersama, bahwa di PA Sambas perkara-perkara tersebut menempati posisi teratas, paparnya.

Lebih lanjut, KPA Sambas juga mengajak masyarakat agar menikah secara tercatat, jangan menikah di bawah tangan, tegasnya. Hal ini dia sampaikan di depan peserta yang hadir antara lain unsur Forkopimcam, tokoh masyarakat, tokoh agama serta perangkat Desa. Menurutnya, jika hal ini dilakukan nanti dikemudian hari akan menimbulkan banyak persoalan. Kepada hadirin, dia meminta agar hal ini dapat mensosialisasikan kepada keluarga, masyarakat di sekitarnya, harapnya.

Jika ada yang mau menikah diusia dini, kata Toyeb, agar mengajukan dispensasi kawin ke pengadilan agama. Disamping itu, dirinya juga mengingatkan agar orangtua yang memiliki anak angkat dan namanya dinisbahkan ke orangtua angkatnya di akta kelahiran agar segera memperbaiki akta kelahiran dengan menisbahkan nama anak tersebut kepada orang tuanya yang asli.

Usai pemaparan materi, berlanjut dengan diskusi yang ditujukan kepada KPA Sambas terkait itsbat nikah, dispensasi kawin, hibah, poligami dan lain-lain. (zul)

Terimakasih telah membaca Berita - Penyuluhan Hukum di Desa Sabaran, Ketua PA Sambas Himbau Warga Agar Jangan Menikah Bawah Tangan. Silahkan tinggalkan komentar, saran dan pesan Anda untuk kemajuan website Pengadilan Agama Sambas Kelas 1B. Terimakasih untuk dukungan dan partisipasi Anda.
Total Komentar    Belum Ada Komentar

Notice: Undefined variable: user_ID in /home/pasamu7l/public_html/wp-content/themes/pasambas/comments.php on line 54
  • Nama harus diisi, Email tidak akan disebarluaskan, Terimakasih.
  • Mohon untuk menggunakan ejaan yang benar / kata-kata yang mudah dimengerti

*