» Berita, informasi » Perdana di Tahun 2019, Sidang Isbat Terpadu di Kecamatan Teluk Keramat
Perdana di Tahun 2019, Sidang Isbat Terpadu di Kecamatan Teluk Keramat

Gambar: Suasana saat Sidang Isbat Terpadu

SAMBAS – Pengadilan Agama Sambas laksanakan Sidang Isbat Terpadu di Kecamatan Teluk Keramat, Jum’at (04/10). Sidang Terpadu tersebut perdana dilakukan dengan mengambil tempat di Aula SMKN 1 Kecamatan Teluk Keramat. Sebanyak 25 pasangan peserta berhasil disidangkan. 21 pasang diantaranya dari Kecamatan Galing dan 4 pasang dari Kecamatan Teluk Keramat.

Ketua PA Sambas Drs. Ahmad Juaeni, MH yang turut mendampingi pelaksanaan kegiatan itu mengikutsertakan 5 orang hakim tunggal, di dampingi 5 Panitera Pengganti, 1 orang Jurusita dan 1 orang staf admin. Disamping itu sejumlah tim teknis juga diturunkan untuk mendukung kelancaran pelaksanaan kegiatan tersebut.

Tim dari PA Sambas tiba di lokasi sekitar pukul 08.10 WIB dan terlihat para pihak yang akan bersidang sudah terlebih dahulu tiba ditempat kegiatan. Kemudian, setelah mempersiapkan semua perangkat pendukung dan petugas selesai mendata peserta yang telah hadir, sekitar pukul 09.00 WIB sidang dapat dimulai.

Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Pengadilan Agama Sambas, Pemerintah Daerah Kabupaten Sambas dan Kementerian Agama Kabupaten Sambas yang diikat dengan Perjanjian Kerjasama atau MoU. Dari perjanjian kerjasama tersebut telah disepakati untuk pelaksanaan sidang isbat terpadu tahun ini dibagi menjadi 4 kali kegiatan, masing-masing 2 kegiatan  di zona I dan zona 2. Untuk zona I yaitu terdiri dari Kec. Galing, Teluk Keramat, Tangaran, Paloh dan Sajingan. Zona II yaitu Kecamatan Tekarang, Jawai, Jawai Selatan dan Tebas.

Penyerahan Produk Sidang Isbat Terpadu

Gambar: Seremonial acara penyerahan produk sidang isbat terpadu

Tepat pukul 10.30 WIB persidangan selesai. Tak lama berselang, seremonial acara penyerahan produk sidang isbat terpadu dimulai. Penetapan dari Pengadilan, Buku Nikah dari KUA dan Dokumen Kependudukan dari Disdukcapil yang akan diserahkan secara simbolis kepada peserta. Di ruang aula itu selain para pihak peserta sidang, hadir Ketua PA Sambas, Camat Teluk Keramat, Kasi Bimas Kemenag Kab. Sambas, Disdukcapil, Polsek dan Koramil Teluk Keramat.

Setelah MC membuka acara, dilanjutkan dengan kata Sambutan oleh Ketua PA Sambas, kemudian dari Pemerintah Daerah Kab. Sambas yang diwakili oleh Camat Teluk Keramat. Dalam sambutannya, Ketua PA Sambas menyampaikan bahwa untuk tahun 2019 kegiatan sidang isbat terpadu akan dilaksanakan sebanyak 4 kali kegiatan. Yang akan datang, sidang akan dilakukan di zona II yaitu di Kecamatan Jawai.

Penyerahan secara simbolis Penetapan Pengadilan oleh Ketua PA Sambas kepada pihak yang telah ditunjuk. Sementara untuk produk dari KUA dan Disdukcapil akan dilanjutkan dikantor instansi masing-masing.

Akses Server Jarak Jauh dengan Jaringan Internet Dedicated

Pada awalnya, pelaksanaan sidang isbat terpadu kali ini akan menggunakan sistem aplikasi yang dapat diakses langsung dari luar kantor menggunakan jaringan internet. Aplikasi SIPP (Sistem Informasi Penelusuran Perkara) yang terintegrasi dengan server lokal PA Sambas untuk pembuatan administrasi persidangan, seperti Berita Acara Sidang, Putusan / Penetapan dan banyak lagi. Hanya saja pada saat hari pelaksanaan sidang, layanan jaringan internet dari Telkom mengalami gangguan se wilayah Kabupaten Sambas hingga sore hari.

Meski demikian, produk dari sidang isbat terpadu berupa Salinan penetapan dari Pengadilan tetap dapat diserahkan kepada pihak yang bersidang pada hari itu. Para pihak yang telah dibacakan penetapannya saat itu juga langsung dapat membawa hasil penetapan sidangnya, walaupun dengan akses data lokal masing-masing perangkat.

(zul)

Bagikan :
Terimakasih telah membaca Berita, informasi - Perdana di Tahun 2019, Sidang Isbat Terpadu di Kecamatan Teluk Keramat. Silahkan tinggalkan komentar, saran dan pesan Anda untuk kemajuan website Pengadilan Agama Sambas Kelas 1B. Terimakasih untuk dukungan dan partisipasi Anda.
Total Komentar    Belum Ada Komentar
  • Nama harus diisi, Email tidak akan disebarluaskan, Terimakasih.
  • Mohon untuk menggunakan ejaan yang benar / kata-kata yang mudah dimengerti

*