» Berita » Peringatan HUT MA RI ke-76, PA Sambas Ikuti Upacara Secara Virtual
Peringatan HUT MA RI ke-76, PA Sambas Ikuti Upacara Secara Virtual

SAMBAS – Peringatan Hari Ulang Tahun Mahkamah Agung ke 76 yang jatuh pada hari Kamis (19/08) kemarin, PA Sambas menyaksikan secara virtual pelaksanaan upacara di Gedung Mahkamah Agung Jl. Merdeka Utara. Melalui layar proyektor, upacara disaksikan secara bersama-sama oleh seluruh aparatur PA Sambas yang bertempat di ruang sidang utama PA Sambas. Bertindak selaku pembina upacara adalah Ketua Mahkamah Agung (MA) Prof. Dr. H.M. Syarifuddin, SH, MH. Pada acara itu juga dilakukan penyerahan piagam penghargaan Satya Lencana Karya Satya dari Presiden RI dan Piagam Karya Satya dari Ketua MA kepada sejumlah apartur di lingkungan Mahkamah Agung.

Pada acara yang bertemakan “Memantapkan Kemandirian Badan Peradilan melalui Pelayanan Hukum Berbasis Teknologi Informasi Pada Masa Pandemi”  Ketua MA menyampaikan pidatonya tentang pentingnya aspek kemandirian dalam proses penyelenggaraan peradilan, karena dalam menegakkan keadilan, kemandirianlah yang menjadi jantungnya, sekaligus juga sebagai detak nadinya. Kemandirian, lanjut Prof. Syarifuddin bukan saja harus dijaga dengan baik, melainkan juga harus dijunjung  tinggi  sebagai  marwah  dan  kehormatan lembaga peradilan. Karena,  tanpa dibekali dengan kemandirian, mustahil keadilan dapat terwujud dan proses penegakan hukum akan kehilangan ruhnya, sehingga pada akhirnya lembaga peradilan hanya akan menjadi alat pemuas bagi pihak-pihak yang memiliki kepentingan.

Lebih jauh, pria yang dikukuhkan sebagai Profesor bidang hukum pidana pada Januari 2021 ini menegaskan bahwa sesulit apapun kondisi yang kita alami saat ini, jangan sekali-kali menyurutkan tekad untuk tetap berbuat yang terbaik dan terus melakukan perubahan yang positif, karena tidak ada kemajuan dan kesuksesan yang bisa dicapai tanpa diawali dengan sebuah perubahan. “Mulailah dengan perubahan yang kecil untuk mewujudkan sebuah cita-cita yang besar” demikian pesannya kepada seluruh aparatur peradilan di Indonesia.

Dalam pada itu, sejumlah acara juga digelar di lingkungan MA yang bertemakan “Memantapkan Kemandirian Badan Peradilan melalui Pelayanan Hukum Berbasis Teknologi Informasi Pada Masa Pandemi” seperti acara pemutaran film “Pesan Bermakna” yang digadang sebagai kado pada ulang tahun MA ke 76 ini. (zul)

 

Terimakasih telah membaca Berita - Peringatan HUT MA RI ke-76, PA Sambas Ikuti Upacara Secara Virtual. Silahkan tinggalkan komentar, saran dan pesan Anda untuk kemajuan website Pengadilan Agama Sambas Kelas 1B. Terimakasih untuk dukungan dan partisipasi Anda.
Total Komentar    Belum Ada Komentar

Notice: Undefined variable: user_ID in /home/pasamu7l/public_html/wp-content/themes/pasambas/comments.php on line 54
  • Nama harus diisi, Email tidak akan disebarluaskan, Terimakasih.
  • Mohon untuk menggunakan ejaan yang benar / kata-kata yang mudah dimengerti

*