» Berita » Lakukan Pembinaan dan Pengawasan di PA Sambas, Tim BINWAS PTA Pontianak Disambut di Istana Kesultanan Sambas
Lakukan Pembinaan dan Pengawasan di PA Sambas, Tim BINWAS PTA Pontianak Disambut di Istana Kesultanan Sambas

SAMBAS – Tim Pembinaan dan Pengawasan Pengadilan Tinggi Agama Pontianak tiba di PA Sambas, Senin (16/03) kemarin. Tim berjumlah 3 orang yaitu Dr. Amam Fahrur, SH, MH (Hakim Tinggi PTA Pontianak) sebagai Ketua Tim, Tuti Yuliarti (Panitera Pengganti PTA Pontianak) dan Jumadi, SHI (KasubagUmum dan Keuangan PTA Pontianak) sebagai anggota tim.

Mereka tiba di Sambas sekitar pukul 10.00 WIB. Ketua PA Sambas Uray Gapima Aprianto, MH menyambut kehadiran tim pengawas dengan terlebih dahulu memperkenalkan Kesultanan Keraton Sambas Alwatziqubillah. Dengan suguhan makanan khas Sambas “bubor padas” atas izin kerabat keraton Sambas, mendampingi tim pengawas, Ketua, para hakim, Panitera, Sekretaris, para Kasubag dan Panmud PA Sambas diperkenankan  untuk makan bersama di dalam istana. Raden Tarhan Putera Panembahan yang dalam waktu dekat akan dilantik sebagai Pangeran Ratu Kesultanan Sambas, di dampingi Ibu Ratu Endang Sari juga menyambut  kedatangan rombongan di istana Keraton Sambas dan ramah tamah.

Ketua Tim Binwas (tengah) ketika ramah tamah dengan Pangeran (Raden Tarhan)

Sebagai pejabat yang baru kali pertama datang di Sambas, Ketua Tim Pengawas Dr. Amam Fahrur merasa kagum dan mendapat kehormatan karena telah diperkenalkan dengan kerabat Kesultanan Sambas.

Usai ramah tamah, kumandang azan Zuhur pun menggema di Masjid Jami’ Agung Sultan Muh. Syafiuddin yang berada satu komplek dengan Keraton, rombongan dari PA Sambas dan tim pengawas sholat berjamaah di masjid bersejarah itu.

Acara Pembukaan dan Pengantar

Sekitar pukul 13.00 WIB dilaksanakan acara pembukaan dan pengantar Pengawasan dan Pembinaan dari  Tim Binwas PTA Pontianak. Ketua PA Sambas Uray Gapima Aprianto, MH mengucapkan selamat datang kepada tim. Lalu dia memperkenalkan satu persatu personil yang ada di PA Sambas, mulai dari para hakim, para pejabat Kepaniteraan dan Kesekretariatan, staf dan honorer yang hadir saat itu.

Ketua PA Sambas saat menyampaikan sambutan dan perkenalan dengan Tim Binwas

Mewakili tim Binwas PTA Pontianak, Dr. Amam Fahrur yang juga ketua Tim ini menyampaikan kata pengantar sebelum dilaksanakannya pembinaan dan pengawasan. Mantan Ketua PA Surabaya ini mengatakan 3 bidang pembinaan dan pengawasan yang akan menjadi objeknya yaitu:
1. Manajemen Peradilan
2. Administrasi Perkara
3. Administrasi Umum

Tak hanya itu, kata dia, binwas kali ini menyesuaikan dengan perkembangan lingkup pekerjaan yang berbasis IT. Selain itu, adanya penilaian kinerja SIPP mingguan dan penilaian Kinerja Triwulan yang diluncurkan Badilag juga tak luput dari materi binwas. Dia menambahkan, adanya PTSP dan ZI serta SIPP perlu untuk dilakukan peningkatan-peningkatan dengan adanya Binwas ini. Kuncinya, kata dia, jika ingin SIPP nya bagus, ZI baik harus ada keinginan menyeluruh dari personil yang ada. Tidak hanya pada Ketua, atau Panitera dan Sekretaris saja, tapi seluruh unsur yang ada di kantor ini harus turut bekerjasama. Karena pekerjaan ini tidak bisa dilakukan sendiri-sendiri, ujarnya.

Tim Binwas PTA Pontianak saat memeriksa berkas

Acara pembinaan dan pengantar selesai sekitar pukul 14.15 WIB. Tim melakukan tugasnya sesuai bidangnya masing-masing.

(zul)

Bagikan :
Terimakasih telah membaca Berita - Lakukan Pembinaan dan Pengawasan di PA Sambas, Tim BINWAS PTA Pontianak Disambut di Istana Kesultanan Sambas. Silahkan tinggalkan komentar, saran dan pesan Anda untuk kemajuan website Pengadilan Agama Sambas Kelas 1B. Terimakasih untuk dukungan dan partisipasi Anda.
Total Komentar    Belum Ada Komentar
  • Nama harus diisi, Email tidak akan disebarluaskan, Terimakasih.
  • Mohon untuk menggunakan ejaan yang benar / kata-kata yang mudah dimengerti

*